Bekerja cerdas juga berarti mampu menempatkan diri sebagai bagian dari anggota team di kantor. Dengan kemampuan yang kita miliki, ketika ada rekan kerja membutuhkan dukungan pemikiran/data/informasi kemudian dengan senang hati membantu, berarti kita sudah melakukan investasi networking yang baik. Ketika hal ini terjadi dan kita dapat membudayakannya di tempat kerja maka lingkungan kerja kita akan menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja. Bisa jadi rumah kedua deh..
Dalam suatu instansi kita tidak bisa memilih siapa pimpinan kita, siapa bawahan kita. Setiap orang harus tunduk dalam struktur yang ada dan menempati posisi sesuai dengan kemampuannya. Sebagai bawahan kita harus melaporkan proses dan hasil kerja kita kepada atasan dan sebagai atasan WAJIB hukumnya membina dan membuka kesempatan bagi bawahan untuk mengembangkan kemampuannya.
Jadi pinter pinternya kita aja… ketika mendapatkan atasan atau bawahan yang tidak sesuai harapan, belajarlah untuk dapat bekerja cerdas. Jangan lupa selalu awali segala sesuatu dengan niat yang baik, selalu berdoa kepada yang Maha Kuasa untuk dapat berbuat yang terbaik. Oke.. Tunggu episode berikutnya ya…