Di minggu kedua tahun ini (8/1), BPS melalukan Apel Pagi
Perdana Tahun 2024. Apel dilakukan di Pelataran Parkir BPS RI melibatkan
seluruh pegawai yang mengenakan seragam barunya. Dan untuk BPS Provinsi dan BPS
Kabupaten mengikuti kegiatan Apel Perdana secara daring.
Apresiasi kepada pegawai BPS seluruh Indonesia diungkapkan
Sekretaris Utama BPS, Atqo Mardiyanto yang telah berdedikasi untuk kegiatan BPS
di tahun 2023. Berkat kerja keras dan komitmen semua pegawai, pada
tahun 2023 BPS berhasil meraih berbagai capaian dan penghargaan baik di tingkat
nasional maupun internasional.
Di kancah global, BPS mendapat amanat pada perhelatan tahunan yang diadakan oleh United Nations of Statistical Commission untuk menjadi Ketua dan memimpin diskusi tentang Register Based-Census yang dihadiri oleh
kepala kantor statistik dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, tahun 2023,
BPS juga menjadi Ketua ASEAN Community Statistical System Committee
dan dipercaya menjadi
tuan rumah pada empat
kegiatan ASEAN, yakni:
-
Pertemuan ACSS Sub-Committee on Planning and Coordination ke-25 (SCPC25);
-
Pertemuan Working Group on Data Sharing,
Analysis, Dissemination and Communication ke-21
(WGDSA21);
-
Pertemuan Working Group Sustainable Development Goals Indicators ke-6 (WGSDGI6);
-
Puncaknya adalah Pertemuan
ke-13 ASEAN Community Statistical System Committee (ACSS13) yang dihadiri oleh Kepala NSO se- ASEAN dan beberapa
organisasi internasional.
Pada tingkat nasional,
dari aspek kinerja
dan anggaran, BPS menerima penghargaan sebagai K/L Pendukung dalam Pelaksanaan Reformasi
Birokrasi Tematik Tahun 2023
yang diserahkan langsung oleh Wakil
Presiden RI.
Dalam mengemban tugas sebagai penyedia data statistik berkualitas, BPS juga terus selalu berupaya meningkatkan pelayanannya untuk memenuhi kebutuhan publik. Di tahun 2023, BPS
menjadi Badan Publik dengan
Kualifikasi "Informatif" yang merupakan kualifikasi tertinggi dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. BPS juga dinobatkan sebagai K/L Terbaik
dalam Pemantauan dan Evaluasi Kinerja
Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023. Selain itu, BPS juga memperoleh opini kualitas
tinggi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan
Publik Tahun 2023 yang diselenggarakan Ombudsman
RI.
Terakhir, namun tidak
kalah penting, dalam
bidang pengelolaan SDM, BPS memperoleh Kategori
Patuh berdasarkan reviu Komisi ASN terhadap Pelaksanaan Nilai Dasar Kode Etik dan Kode Perilaku
(NKK) ASN. BPS juga meraih Peringkat
3 Kategori Elemen Implementasi Manajemen
ASN dan Pemanfaatan Sistem Informasi. Prestasi ini menunjukkan keberhasilan kita
dalam melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN, dan mengoptimalkan
pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraannya.
"Kita harus melakukan modernisasi dan integrasi proses
bisnis statistik, mengembangkan kapabilitas SDM kita untuk menjawab kebutuhan
konsumen data yang semakin beragam, serta mengubah budaya dan cara kita bekerja
agar efektif, lincah, serta kolaboratif," ujar Atqo selaku pembina apel.
Selain itu setidaknya terdapat tiga target utama yang harus
dicapai tahun 2024, yaitu penguatan SDM; penguatan kelembagaan dan proses
bisnis melalui perubahan UU Statistik, percepatan implementasi Economy-Wide
Survey dan Business Characteristics Survey, serta optimalisasi teknologi
informasi; dan prioritas lainnya seperti Rencana Strategis BPS 2025-2029 dan
penyediaan indikator strategis untuk daerah otonomi baru.
Mari memulai tahun baru dengan semangat baru
dengan penuh optimisme.